Transportasi Publik

Kondisi alat transportasi publik yang ada di negeri ini sungguh sangat memprihatinkan. Banyak kendaraan yang sepertinya sudah tidak layak pakai tapi masih tetap digunakan demi keuntungan pribadi. Banyak pula kendaraan yang knalpotnya mengeluarkan asap hitam pekat tapi diabaikan begitu saja, tentu saja hal ini sangat menganggu para pengguna jalan yang lain karena polusi yang ditimbulkan. Selain itu fasilitas – fasilitas yang ada juga sangat memprihatinkan, banyak kursi – kursi penumpang yang hanya tinggal besinya saja, jendela dan pintu – pintu yang sudah rusak. Tentu saja semua itu sangat mengurangi tingkat kenyamanan penumpang dalam memanfaatkan alat transportasi tersebut. Banyak penumpang yang mengeluhkan hal tersebut, namun keluhan – keluhan dari penumpang tersebut kurang diindahkan dari pihak penyedia jasa transportasi tersebut. “ Kondisi kendaraan yang ada sungguh memprihatinkan dan tidak nyaman, kursinya rusak begitu pula dengan jendela dan pintunya.” Ujar Masruro, salah seorang penikmat jasa transpotasi. Mereka beralasan, kerusakan yang terjadi pada alat – alat transportasi sudah sering mereka perbaiki tapi masih saja ada oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab yang masih saja merusaknya kembali. Mereka seakan – akan tidak mempedulikan kenyamanan para penumpang yang lain yang ikut memanfaatkan jasa transportasi tersebut.

Selain masalah yang ada diatas, masalah keamananpun patut diperhatikan,. Banyak sekali tindak kriminal yang dilakukan didalam bis – bis kota. Misalnya saja adalah pencopetan, penodongan, dan pembiusan. “Saya selalu was – was ketika harus naik bis – bis kota yang penuh sesak dengan penumpang. Karena pernah menjadi korban pencopetan.” Ujar salah satu penumpang yang biasa menggunakan alat transportasi tersebut. Seiring carut – marutnya kondisi alat transportasi yang ada, pemerintah pusat dan daerah pun kini mulai ikut turun tangan untuk menanggulangi hal tersebut. Contohnya saja di DKI Jakarta dan DIY, di daerah tersebut sudah ada angkutan – angkutan khusus yang memiliki tingkat kenyamanan dan keamanan tinggi. Dan bus – bus tersebut juga tidak boleh menaikan dan menurunkan penumpang disembarang tempat, Karen sudah ada halte – halte khusus yang telah disediakan. Selain penyediaan alat transportasi yang lebih aman dan nyaman, pemerintah juga melakukan uji kelayakan mesin,dua tahun sekali. Setelah pemerintah megusahakan fasilitas yang lebih layak bagi para penikmat jasa transportasi, sekarang giliran kita yang ikut menjaga fasilitas – fasilitas yang telah disediakan pemerintah. Kita tidak boleh mengabaikan atau merusak fasilitas – fasilitas yang ada karena kita membutuhkannya, toh kalau fasilitas tersebut rusak, kita sendiri juga yang akan repot.  Kondisi memprihatinkan juga dirasakan ketika naik bus umum, sopirnya dalam melajukan busnya ugal-ugalan, sering ngebut bahkan terkadang merebut jalur yang bukan jalurnya. Hal ini harus disadari oleh para sopir bus bahwa tindakannya ini membahayakan para pengguna jalan yang lainnya.

Banyak terjadi kasus kecelakaan yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini, baik itu di darat, udara, dan laut. Penyebab kecelakaan ini umumnya disebabkan oleh factor kendaraannya dan factor manusianya atau sering disebut dengan human error. Dilihat dari factor kendaraannya hal ini dikarenakan alat transportasi yang sudah tidak layak pakai atau sudah berumur tetap dioperasikan sehingga tingkat kecelakaan semakin tinggi. Dilihat dari segi manusianya disebabkan oleh human error, banyak kasus kecelakaan terjadi karena human error ini, sebagai missal pengemudi mengantuk, belum sepenuhnya menguasai alat transportasi yang dikendarainya, ugal-ugalan dan lain sebagainya.

~ by satriopati on January 15, 2010.

Leave a comment